Nandur pari jero

Menanam padi dalam. Yang dimaksud sebagai pari jero (padi dalam) adalah padi (Oryza sativa) yang berbuahnya agak lama. Peribahasa ini menggambarkan orang tua yang berbuat kebaikan tidak untuk mendapatkan balasan bagi diri sendiri, melainkan diperuntukan bagi anak-cucunya kelak kemudian hari.
 

Misalnya, seorang penjaga malam yang bertahun lamanya bekerja di sebuah pabrik. Dia hanya tamatan sekolah dasar, sehingga gajinya pun tak seberapa. Meski begitu, ia tetap tekun menjalankan tugasnya. Penghasilan yang memang pas-pasan membuatnya hanya mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai SMU. Putra putrinya tidak mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi karena tidak memiliki biaya yang cukup.
 

Namun, di balik sikap loyalnya itu, sang penjaga malam diam-diam mempunyai cita-cita atau harapan tertentu buat anaknya. Semoga dengan mempertimbangkan kinerjanya yang baik selama ini, nanti anaknya dapat diterima bekerja di perusahaan tersebut. Biarlah dirinya lara lapa atau bersusah payah, asalkan kelak di kemudian hari anaknya memperoleh kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik, menikmati buah yang ditanam orang tuanya.
SHARE

Bocah Jawa

Hanya seorang bocah yang ingin menguri-uri budaya jawa yang mulai terkikis

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar