Tebu tuwuh socane

Tebu (sacharum officinareum), tuwuh (tumbuh), socane (mata ruasnya). Terjemahan bebasnya, batang tebu yang tumbuh cabang dari mata ruasnya. Hal itu merupakan kelainan karena tebu termasuk tumbuhan monokotil (berbiji tunggal), bukan dikotil (berbiji belah) di mana batangnya nanti akan bercabang seperti mangga, sawo, duren, dan jati.

Peribahasa tersebut menggambarkan suatu perkara yang sudah mendapatkan kesepakatan damai, namun tiba-tiba dikacaukan oleh seseorang yang sengaja mengadu domba. Dapat pula sebagai gambaran suatu tugas yang hampir diselesaikan dengan baik, tetapi mendadak kacau karena ulah seseorang yang sengaja merusaknya. Kejadian ini patutu diwaspadai oleh semua pihak, karena mungkin saja ada yang tidak suka terhadap perdamaian atau prestasi kerja yang dicapai  seseorang.


Menghilangkan sumber kekacauan tersebut dapat dilakukan dengan mengambil contoh realitas di lapangan. Cabang tebu mudah dimatikan dengan memotongnya, menggunakan pisau atau tangan. Seperti juga wiwilan (tunas) yang tumbuh di batang pokok. Apabila dibiarkan, pertumbuhan tunas akan cepat dan banyak menyerap sari makanan dari batang induk. Artinya, baik cabang tebu maupun tunas batang sebaiknya dibuang karena akan mengganggu pertumbuhan selanjutnya.
SHARE

Bocah Jawa

Hanya seorang bocah yang ingin menguri-uri budaya jawa yang mulai terkikis

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar