Sing goroh growah

Sing goroh (siapa bohong), growah (merugi). Sebab, bohong pada hakikatnya menyembunyikan kebenaran yang sesungguhnya. Dengan kata lain, orang yang berdusta memang sengaja tidak mengatakan apa yang sesungguhnya terjadi. Karena pertimbangan tertentu, kejadian yang sesungguhnya itu sangat dirahasiakan, atau disembunyikan rapat-rapat. Namun, realitasnya, sepandai apa pun merahasiakan kebenaran, maka sekali waktu akan ketahuan juga.

Ungkapan tersebut merupakan nasihat populer di Jawa, supaya anak-anak tak memiliki tabiat suka berbohong. Berdusta memang gampang. Namun, perilaku tersebut sama halnya dengan mencurui atau berutang. Bohong adalah mencuri kebenaran, berutang kebenaran, yang sesungguhnya menjadi milik orang lain. Padahal, menurut hukum alam, kebohongan pasti akan terbongkar. Karena, pada hakikatnya, tidak ada kesalahan yang dapat disembunyikan manusia dengan sempurna di dunia.
 

Setiap orang harus menyadari bahwa kerugian akibat berbohong akan berlipat ganda daripada keuntungannya. Contohnya, orang yang suka berbohong, selama hidup kata-katanya tidak akan dipercaya. Meskipun mungkin berkata benar, ia cenderung akan tetap dianggap berdusta. Orang lain pun tidak akan memperdulikannya sama sekali.
SHARE

Bocah Jawa

Hanya seorang bocah yang ingin menguri-uri budaya jawa yang mulai terkikis

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar