Gusti Allah ora sare

Allah tidak tidur. Ungkapan ini adalah nasihat bagi manusia agar dalam menjalani kehidupan ini tak pernah berhenti memohon pertolongan dan petunjuk Tuhan. Di samping itu juga bermakna, jangan mudah tergelincir untuk berbuat dosa, karena Tuhan pasti tahu apa yang terjadi di dunia ini. Jadi, apa pun yang belum terucap, belum diperbuat, tersimpan di dalam hati, juga semua rahasia kita, Tuhan akan mengetahuinya.

Di dunia, manusia dikaruniai kebebasan seluas-luasnya oleh Tuhan. Ibaratnya, apa pun keinginannya dapat dicapai. Namun demikian, mereka harus berhati-hati dan sadar bahwa seluruh perbuatannya diketahui dan dicatat oleh sang pencipta. Karena itulah orang tidak perlu menyombongkan dan memamerkan perbuatannya yang baik. Sebab, Allah akan tahu. Mungkin saja di balik keinginan yang berlebihan agar perbuatan baiknya diketahui orang, justru tersimpan niat buruk yang sengaja disembunyikan.

Kesadaran bahwa hidup manusia itu selalu dapat pengawasan dari Allah sangat ditekankan oleh orang Jawa. Bagaimanapun, hanya dengan memiliki kesadaran itulah, orang tidak akan berlaku sembrono dan gegabah. Harapannya, keamanan, ketenangan, kesejahteraan, dan keadilan hidup dapat terwujud serta dirasakan oleh umat manusia.
SHARE

Bocah Jawa

Hanya seorang bocah yang ingin menguri-uri budaya jawa yang mulai terkikis

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar